089671590061, Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

  • 0

089671590061, Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

089671590061, Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

Kali ini kita akan membahas baju semi formal, yang biasa kita sebut kaos polo/wangki. Jenis kain polo shirt yang bagus untuk digunakan pada kaos berkerah ini adalah lacoste. Baju polo ini memilik jenis pilihan jenis bahan yang bervariasi. Biasanya jenis kain polo yang banyak digunakan adalah katun, viscose, polyster PE dan Lacoste. Berdasarkan karakteristik, jenis kain polo ada berbahan tebal, tipis, berpori ataupun halus.

Kaos polo/wangki adalah baju kaos kasual yang memiliki kerah dengan beberapa kancing diatas dada dan biasanya berlengan pendek. Model baju kaos polo ini ada juga yang berlengan panjang. Kaos polo sering identic dengan busana kasual, dikarenakan bentuk modelnya yang sederhana. Oleh karena itu, pilihan jenis kain polo sering kali merupakan bahan yang nyaman untuk digunakan.

Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

Jenis dan Bahan Kaos Polo/wangki

1.LACOSTE COTTON

Bahan ini memiliki teksture pola bolong-bolong kecil yang biasa dipakai untuk pakaian Polo berkerah. Sebenarnya Lacoste adalah nama perusahaan asal prancis yang memproduksi pakaian dengn tekstur bolong-bolong tadi, namun seiring penggunaannya, masyarakat menjadikannya sebagai nama bahan jenis pakaian ini untuk membuat baju Polo atau bahasa lokalnya Wangki.

Untuk bahannya ada yang bentuk nya PE (terdapat kandungan Polyester/plastik) tipis dan kurang menyerap keringat serta bahan Pique yang terdapat kandungan katunnya, tebal dan menyerap keringat.

  1. COTTON COMBAD

Ini jenis bahan yang jadi andalan buat distro-distro. Bahan ini ada 2 jenis besaran yaitu Cotton Combed serta Cotton Carded. Untuk Cotton Combed bahannya lebih halus daripada Cotton Carded yang agak kasar. Memang secara sepintas ketika kita memegang bahan Cotton Carded terasa lebih tebal, tapi Cotton Combed ketika di pakai lebih nyaman dan enteng. Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas. Selain itu, untuk membedakan tebal tipisnya kaos dengan bahan ini adalah jenis benang yang dipergunakan. Biasanya kita sering melihat jenis kaos yang 20’s, 30’s atau lainnya. Bahan dengan benang 20’s lebih tebal ketimbang 30’s. Ada lagi bahan yang lebih tebal dari Cotton Combed 20’s yaitu Double Cotton atau biasanya juga di sebut dengan Double Nett. Tentunya bahan lebih nyaman dan jatuh (berat ke bawah) ketika di pakai. Tapi, kekurangan dari bahan Double Cotton ini adalah melar ketika sering dicuci dan dipakai, apalagi jika sering ditarik karena ada udara seperti layaknya spon.

Secara umum, karakteristik dari bahan dasar tanaman kapas ini adalah sebagai berikut :

Bahan terasa dingin dan sedikit kaku;

-Menyerap keringat

-Pakaian / kain akan rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam detergen

-Rentan terhadap jamur

-Jangan biarkan kain katun terlalu lama basah

Karena sifatnya yang nyaman ketika dipakai, maka terdapat kombinasi campuran yang menggunakan bahan Cotton ini, yaitu:

-TC (TETERON COTTON)

Jenis ini masih dalam kategori katun namun kualitasnya di bawah Cotton Combed dan Cotton Carded sebab merupakan campuran bahan Cotton dengan bahan Polyester (Teteron). Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan serta lebih kasar. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan kusut dan tidak melar meskipun sudah dicuci berkali-kali.

-CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis bahan kaos  ini adalah campuran dari Cotton Combed dan Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

  1. VISCOSE

Bahan Viscose merupakan bahan yang sering dipergunakan dalam pakaian-pakaian model busana pesta, casual wear, lingerie, underwear, sampai jaket sebab halus dan licin serta lentur. Bahan ini terbuat dari serat kayu (Eucalyptus-sejenis pohon pinus).

Ciri2 viscose :

-Terasa lembut dan dingin di kulit

-Bahannya jatuh, tidak kaku dan warnanya mengkilat

-Menyerap keringat

-Bahan/ pakaian akan rusak apabila direndam dengan diterjen lebih dari 1 jam

-Bisa dicuci atau di dry clean

  1. POLYESTER dan PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya. Terbuat dari butiran plastik sehingga terasa panas di badan dan tidak menyerap keringat.

Karakteristik dari bahan ini yaitu:

-Noda minyak dan makan sulit dihilangkan dari bahan ini

-Polyester lebih kuat dan tahan direndam lebih dari 3 jam

-Sering dicampur bahan lain seperti viscose, linen dan katun

Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja

pesan di sini

089671590061, Konveksi Polo Jogja, Bikin Polo Jogja


Leave a Reply